top of page
  • Gambar penulisRiaputra Metalindo

Cara Menghitung Harga Besi Beton Perkilo dari Diameternya

Diperbarui: 20 Sep 2022

Pernah nggak sih kamu mencentang kolom harga tertinggi ketika ingin membeli barang di marketplace ?

Hmm kalau kamu Rafathar, bisa jadi begitu kali ya.. Tapi sayangnya, kita semua masih Warga Negara Indonesia biasa, Gan :D



Besi beton Ulir 13 SNI Sertifikat
Diameter Besi Beton Ulir 13 SNI Sertifikat

Bagi kebanyakan orang, harga adalah pertimbangan utama ketika kita akan membeli sebuah produk sebelum mempertimbangkan faktor lain-lainnya. Apalagi barang yang akan dibeli adalah komoditas golongan logam, kualitas akan menjadi nomer sekian dibandingkan dengan angka rupiahnya. Nggak salah kok, justru kalau kamu berhasil menemukan harga yang seksi dengan barang yang cantik, kamu bakalan cuan gedhe!


Sama halnya di bisnis besi, kamu pasti akan membandingkan harga dari beberapa toko atau distributor, sebelum akhirnya menentukan akan membeli kebutuhan besimu di toko yang mana. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi dan kehadiran marketplace, semakin memudahkanmu dalam mendapatkan referensi harga tanpa harus bertanya kepada penjualnya terlebih dahulu. Self-service, begitu istilahnya.


Sayangnya, banyak sekali distributor atau toko bangunan yang melakukan manipulasi daftar harga besi agak kesannya terlihat "murah".


Oleh karena itu, penting sekali untukmu untuk mengerti bagaimana cara menghitung berat besi beton per kg. Tanyakan pada penjual untuk memberikan harga besi beton per batang sehingga kamu bisa dengan mudah menghitungnya.


Sebelum menghitung beratnya, kamu wajib bisa melakukan pengukuran diameter besi beton menggunakan sketmat. INGAT! BESI BETON TIDAK BULAT, UKURLAH DIAMETER DI BEBERAPA TITIK DAN DARI BEBERAPA SISI UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG MAKSIMAL.

Untuk mempermudahmu menghitung harga besi beton per kg, pakailah tabel di bawah ini dan hapalkan berat timbangannya.



CARA HITUNG HARGA BESI BETON

Kamu sudah bisa menghitung berat besi betonnya kan? Kalau belum, coba deh kalian baca dulu artikel cara hitung berat besi beton ini!


Jika kamu sudah memahami cara mendapatkan berat besi beton, tinggal cari tahu harga besi per kg-nya deh. Begini rumusnya :

Harga/kg = Harga per batang

 

Diameter x Diameter x 0.006165 x 12


Misalnya, kamu akan membeli besi beton polos 10 SNI sertifikat dengan harga per batang dari penjualnya adalah Rp 57.650.


Setelah kamu menghitung berat besi beton, sket rata-rata yang didapat dari besi beton polos 10 SNI ini adalah 9.57 mm (9.6 mm). Jadi, berapakah harga besi beton polos 10 SNI ini per kg-nya?


Harga/kg = 57.650

 

9.6 x 9.6 x 0.006165 x 12


= Rp. 8.456 / kg


Nah sekarang kamu sudah tahu kan berapa harga per kg besi beton polos 10 SNI dengan skenario di atas? Dari harga per kg ini, bisa kamu jadikan perbadingan deh di penjual mana yang menjual besi kebutuhanmu dengan harga termurah dan tidak menipu secara ukuran. Semoga artikelnya bermanfaat dan kita semua bisa untung bersama ya!

7.959 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Σχόλια


bottom of page